Pendampingan Pendidikan Kesehatan Tentang Alat Kontrasepsi Pada Wanita Usia Subur (Wus) Di Kampung Ciaul Rw 13 Desa Cisondari Kec. Pasir Jambu Kab. Bandung

Pengabdian kepada masyarakat  merupakan perwujudan salah satu tri dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh civitas akademika Program Studi Kebidanan Bandung. Kegiatan Pengmas kali ini telah dilaksanakan pada tanggal 07 Agustus 2015 di Kampung Ciaul Desa Cisondari Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung.

Materi pendampingan pendidikan kesehatan ini dipilih sehubungan dengan tingginya angka wanita usia subur yang tidak memakai alat kontrasepsi dengan alasan yang bermacam-macam. Selain itu, tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat yang masih negative terhadap metode kontrasepsi tertentu.

Angka Kesertaan ber-KB (CPR) peningkatannya sangat kecil, hanya 0,5% dalam 5 tahun terakhir, baik pada semua cara KB maupun pada cara modern. Target RPJMN 2014 untuk cara modern sebesar 60,1% dan MDG 2015 sebesar 65%, namun capaian tahun 2012 baru sebesar 57,9%.

Kelompok orang yang membutuhkan pelayanan KB tapi tidak mendapatkannya (unmet need) angkanya masih tinggi, hanya turun 0,6% dalam 5 tahun terakhir, bahkan kalau dibandingkan dengan capaian 10 tahun yang lalu hanya turun 0,1% (karena angka ini sempat meningkat pada tahun 2007). Karakteristik Komunitas desa Cisondari:

 

Posyandu di Desa Cisondari memiliki beberapa sekitar 12 orang kader. Kader dengan latar belakang pendidikan Sekolah  Dasar ada 3 orang, Sekolah Menengah Pertama  6 orang dan Sekolah Menengah Atas  3 orang.

Berdasarkan analisis situasi di atas, dipandang perlu untuk memberdayakan  kader guna meningkatkan  pengetahuan Wanita Usia SUbur (WUS) tentang penggunaan alat kontrasepsi. Mengingat mereka sudah memiliki ketrampilan dasar pemberi informasi kepada masyarakat dan sebagai perpanjangan tangan dari petugas kesehatan.   Hal  yang dapat kita lakukan dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia, sehingga pada waktunya nanti mereka bisa memberikan informasi kepada warga masyarakat tentang alat kontrasepsi. Oleh karena itu kegiatan dalam bentuk Pengabdian Masyarakat ini sangat relevan untuk memecahkan permasalahan yang ada di Posyandu  Desa Cisondari.

Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan Penyuluhan/ pendampingan pendidikan kesehatan pada:

Hari/Tanggal : 1.   Jum’at, 07 Agustus 2015

2.   Sabtu, 08 Agustus 2015

Waktu : 09.00-11.00
Tempat : Posyandu Desa Cisondari Kec. Pasir Jambu Kab. Bandung
Nara sumber : Fatiah Handayani
Jumlah Peserta : 20 orang
Materi : Alat-alat kontrasepsi:

1.   Metode kontrasepsi jangka pendek (kondom, pil, suntik)

2.   Metode kontrasepsi jangka panjang (IUD dan Implant).

3.   Kontrasepsi Mantap.

Media : LCD, flipchart, papan tulis.

Media peraga alat kontrasepsi

Metode : Ceramah tanya jawab dan brainstorming.
Job desk pelaksana pengmas : 1.    Melakukan koordinasi dengan aparat desa dan bidan desa.

2.    Mengawasi berlangsungnya kegiatan.

3.    Mempresentasikan bahan yang akan disampaikan pada saat penyuluhan/pendampingan pendidikan kesehatan.

4.    Memberi  kesempatan  kepada  peserta untuk bertanya.

5.    Menjawab pertanyaan dari peserta.

6.    Evaluasi akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *