Pendampingan Pendidikan Kesehatan Tentang Posyandu Dan Balita Sehat Di Rw 04 Desa Wanasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung

Pengabdian masyarakat kali ini dilakukan di RW 04 Desa Wanasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung untuk pendampingan pendidikan kesehatan tentang posyandu dan balita sehat.

Kemanfaatan dosen bagi lingkungan sekitarnya sangat diharapkan dengan ditetapkannya kewajiban pada penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Harapannya, dapat terlibat pemikir, akademisi, dalam menyelesaikan pelbagai masalah di masyarakat, dengan bekerjasama dengan masyarakat itu sendiri. Salah satu yang dapat dilakukan adalah kegiatan penyuluhan.

Penyuluhan ataupun pendidikan kesehatan merupakan kegiatan penyebaran informasi untuk peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan tertentu kepada masyarakat. Penyuluhan pada pengabdian kepada masyarakat ini merupakan  kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan waktu Posyandu. Pendampingan peningkatan pengetahuan orang tua bayi dan balita dilakukan di posyandu RW 04 yang didikuti oleh 15 orang tua bayi dan balita.

Adanya ibu hamil yang tidak mengetahui mengenai posyandu dan balita sehat di RW 04 Desa Wanasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Posyandu RW 04 Desa Wanasari ada 15 orang tua bayi dan balita yang belum pafam mengenai manfaat posyandu dan balita sehat.

Sehingga orang tua bayi dan balita perlu bekal peningkatan pengetahuan sebagai salah satu upaya promotif dan preventif mengenai posyandu dan balita sehat di Desa Wanasari.

Berdasarkan analisis situasi di atas, maka perlu memberikan informasi untuk  meningkatkan  pengetahuan orang tua bayi dan balita mengenai posyandu dan balita sehat. Hal  yang dapat kita lakukan dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia, sehingga pada waktunya nanti mereka bisa memberikan informasi kepada warga masyarakat mengenai posyandu dan balita sehat. Oleh karena itu kegiatan dalam bentuk Pengabdian Masyarakat ini sangat relevan untuk memecahkan permasalahan yang ada di Posyandu  Desa Wanasari
Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan Penyuluhan/ pendampingan pendidikan kesehatan pada:

Hari/Tanggal : Minggu, 19 Januari 2014
Waktu : 09.00-10.00
Tempat : Posyandu Desa Wanasari Kecamatan Pangalengan
Nara sumber : Ria Andreinie, S.ST., M.Kes
Jumlah Peserta : 15 orang
Materi : Posyandu dan balita sehat
Media : LCD, flipchart, papan tulis, leaflet
Metode : Ceramah tanya jawab dan brainstorming.
Job desk peserta pengmas : 1.   Mengkondisikan ruangan

2.   Memfasilitasi kebutuhan selama kegiatan berlangsung

3.   Membantu mengawasi ketertiban selama kegiatan

Job desk pelaksana pengmas : 1.    Melakukan koordinasi dengan aparat desa dan bidan desa.

2.    Mengawasi berlangsungnya kegiatan.

3.    Mempresentasikan bahan yang akan disampaikan pada saat penyuluhan/pendampingan pendidikan kesehatan.

4.    Memberi  kesempatan  kepada  peserta untuk bertanya.

5.    Menjawab pertanyaan dari peserta.

6.    Evaluasi akhir.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *